Rabu, 27 Juni 2012

MAKALAH BATUK EFEKTIF

1. Batuk Efektif

1.1 Pengertian

Batuk efektif adalah suatu metode batuk dengan benar, dimana klien dapat menghemat energi sehingga tidak mudah lelah mengeluarkan dahak secara maksimal.

Batuk merupakan gerakan refleks yang bersifat reaktif terhadap masuknya benda asing dalam saluran pernapasan. Gerakan ini terjadi atau dilakukan tubuh sebagai mekanisme alamiah terutama untuk melindungi paru paru.

Gerakan ini pula yang kemudian dimanfaatkan kalangan medis sebagai terapi untuk menghilangkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan akibat sejumlah penyakit. Itulah yang dimaksud pengertian batuk efektif.

Batuk efektif merupakan batuk yang dilakukan dengan sengaja. Namun dibandingkan dengan batuk biasa yang bersifat refleks tubuh terhadap masuknya benda asing dalam saluran pernapasan, batuk efektif dilakukan melalui gerakan yang terencana atau dilatihkan terlebih dahulu. Dengan batuk efektif, maka berbagai penghalang yang menghambat atau menutup saluran pernapasan dapat dihilangkan .

1.2 Tujuan

Batuk efektif dan napas dalam merupakan teknik batuk efektif yang menekankan inspirasi maksimal yang dimulai dari ekspirasi , yang bertujuan :

a. Merangsang terbukanya sistem kolateral

b. Meningkatkan distribusi ventilasi

c. Meningkatkan volume paru

d. Memfasilitasi pembersihan saluran napas

v Batuk yang tidak efektif menyebebkan :

1. Kolap saluran napas

2. Ruptur dinding alveoli

3. Pneumothoraks

v Latihan pernapasan bertujuan untuk :

1. Mengatur frekuensi dan pola napas sehingga mengurangi air trapping

2. Memperbaiki fungsi diafragma

3. Memperbaiki mobilitas sangkar toraks

4. Memperbaiki

1.3 Manfaat batuk efektif

Memahami pengertian batuk efektif beserta tekhnik melakukannya akan memberikan manfaat. Diantaranya, untuk melonggarkan dan melegakan saluran pernapasan maupun mengatasi sesak napas akibat adanya lendir yang memenuhi saluran pernapasan. Lendir, baik dalam bentuk dahak (sputum) maupun sekret dalam hidung, timbul akibat adanya infeksi pada saluran pernapasan maupun karena sejumlah penyakit yang di derita seseorang.

Bahkan bagi penderita tuberkulosa (TB), bqtuk efektif merupakan salah satu metode yang dilakukan tenaga medis untuk mendiagnosis penyebab penyakit. Tidak sedikit penderita yang justru mengalami kondisi yang semakin memburuk meski pengobatan telah dilakukan.

Bahkan sejumlah penelitian menemukan, tak kurang satu orang dari 4 atau 5 penderita TB mengalami kematian, terutama akibat terlambat memberikan pengobatan maupun kesalahan dalam melakukan diagnosis sehingga pengobatan menjadi tidak efektif.

1.4 Latihan Batuk Efektif

Latihan batuk efektif juga sangat diperlukan bagi klien terutama klien yang mengalami operasi dengan anestesi general. Karena pasien akan mengalami pemasangan alat bantu nafas selama dalam kondisi teransetesi. Sehingga ketika sadar pasien akan mengalami rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Dengan terasa banyak lendir kental di tenggorokan. Latihan batuk efektif sangat bermanfaat bagi pasien setalah operasi untuk mengeluarkan lendir atau sekret tersebut.

v Pasien dapat dilatih melakukan teknik batuk efektif dengan cara :

1. Pasien condong ke depan dari posisi semifowler, jalinkan jari-jari tangan dan letakkan melintang diatas incisi sebagai bebat ketika batuk.

2. Kemudian pasien nafas dalam seperti cara nafas dalam (3-5 kali).

3. Segera lakukan batuk spontan, pastikan rongga pernafasan terbuka dan tidak hanya batuk dengan mengadalkan kekuatan tenggorokan saja karena bisa terjadi luka pada tenggorokan.

4. Hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan, namun tidak berbahaya terhadap incisi.

5. Ulangi lagi sesuai kebutuhan.

Jika selama batuk daerah operasi terasa nyeri, pasien bisa menambahkan dengan menggunakan bantal kecil atau gulungan handuk yang lembut untuk menahan daerah operasi dengan hati-hati sehingga dapat mengurangi guncangan tubuh saat batuk.Batuk mempengaruhi interaksi personal dan sosial, mengganggu tidur dan sering menyebabkan ketidak nyamanan pada tenggorakan dan dinding dada.

Sebagian besar orang mencari pertolongan medis untuk batuk akur supaya mereda, sementara itu ada orang yang takut batuknya menjadi penyakit yang serius.Batuk terjadi sebagai akibat stimulasi mekanik atau kimia pada nervus afferent pada percabangan bronkus.Batuk efektif tergantung pada intaknya busur refleks afferent-efferent, ekspirasi yang adekuat dan kekuatan dinding otot dada dan normalnya produksi dan bersihan mukosiliar

1.5 Indikasi batuk efektif

1. COPD / PPOK

Penyakit paru obstruktif kronik

Penyakit ini sitandai oleh hambatan aliran udara disaluran nafas yang bersifat progresif non reversible atau reversible parsial. Ppok terdiri dari bronkitis kronik dan emfisema atau gabungan keduanya.

2. Emphysema

Suatu kelainan anatomis paru yang ditandai oleh pelebaran rongga udara distal bronkiolus terminal, disertai kerusakan dining alveoli.

3. Fibrosis

4. Asma

Merupakan gangguan inflamasi pada jalan nafas yang ditandai oleh opstruksi aliran udara nafas dqan respon jalan nafas yang berlebihan terhadap berbagai bentuk rangsangan.

5. Chest infection

6. Pasien bedrest atau post operasi

1.6 prosedur tindakan

Tindakan

· Beritahu pasien, minta persetujuan klien dan cuci tangan .

· Atur pasien dalam posisi duduk tegak atau duduk setengah membungkuk.

· Letakkan pengalas pada klien, letakkan bengkok/pot sputum pada pangkuan dan anjurkan klien memegang tisu.

· Ajarkan klien untuk menerik napas secara perlahan, tahan 1-3 detik dan embuskan perlahan dengan mulut. Lakukan prosedur ini beberapa kali.

· Anjurkan anjurkan untuk menarik napas, 1-3 detik batukkan dengan kuat.

· Tarik napas kembali selama 1-2 kali dan ulangi prosedur di atas dua hingga enam kali.

· Jika diperlukan, ulangi lagi prosedur di atas

· Bersihkan mulut klien , instruksikan klien untuk membuang sputum pada pot sputum pot atau bengkok

· Beri penguatan , bereskan alat dan cuci tangan

· Menjaga kebersihan dan mencegah kontaminasi terhadap sputum

· Tindakan batuk efektif perlu diulang beberapa kali bila diperlukan

(anas, 2008).

DAFTAR PUSTAKA

Kowalak , Jennifer .2011.Buku Ajar Patofisiologi.Jakarta:EGC

Rab, Trabani.2010. Ilmu Penyakit Paru.Jakarta:TIM

Tamsuri, Anas.2008. Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Pernafasan.Jakarta:EGC

www.google. com[batuk efektif.April.2010]

Tidak ada komentar:

 
Copyright (c) 2010 Nursing Academy. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Direct Line Insurance.